MULTIMEDIA UNTUK APLIKASI UMUM

 

Sebelum membahas pokok utama postingan ini ada baiknya kita memahami tentang penjelasan mengenai pengertian multimedia tersebut. “Multimedia adalah sebuah media dan konten yang menggunakan kombinasi bentuk konten yang berbeda. Istilah ini dapat digunakan sebagai kata benda (sebuah media yang berisi gabungan dari beberapa bentuk konten) atau sebagai kata sifat yang menggambarkan media yang memiliki beberapa bentuk konten. Istilah ini berbeda dengan media yang hanya menggunakan bentuk-bentuk tradisional dari bahan cetak atau produksi tangan. Multimedia termasuk kombinasi bentuk konten dari teks, audio, gambar diam, animasi, video, dan interaktivitas. Dengan kata lain, multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi”.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju Multimedia semakin memiliki banyak manfaat dan dapat diaplikasikan diberbagai bidang. Untuk membuat suatu aplikasi Multimedia maka diperlukan bahasa pemrogaman, bahasa pemograman yang digunakan dalam aplikasi multimedia ini meliputi Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan Java. Selanjutnya bahasa pemograman ini dibangun disuatu sistem operasi seperti DOS  (Disc  Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS dan terbentuklah suatu aplikasi multimedia sesuai manfaat dan kegunaannya dalam berbagai bidang.

Definisi mengenai “aplikasi Multimedia” itu sendiri adalah “sebuah aplikasi yang dapat masing-masing berdiri sendiri sehingga aplikasi tersebut dihentikan pada suatu saat secara acak dan tetap memberikan informasi yang dibutuhkan yang merupakan bagian atau unit terkecil dari keseluruhan aplikasi. Aplikasi interaktif memberikan banyak pilihan kepada audience untuk memilih sendiri informasi yang diinginkan, dan dari mana akan dimulai serta diakhiri, ataukah hanya sebagian saja dari keseluruhan informasi yang dibutuhkan”

 

Aplikasi Multimedia dalam berbagai bidang diantaranya : 

  1. 1.      Aplikasi Multimedia untuk keunggulan bersaing di perusahaan

 

Aplikasi  multimedia  perusahaan  di  berbagai  bidang  antara  lain  sumber  daya  manusia, produksi/operasi, akuntansi dan keuangan, sistem informasi dan pemasaran.

 

  1. 2.      Aplikasi pada Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia

 

Multimedia merupakan media pelatihan yang baik dan menarik yang dikenal dengan istilah Computer Based Training  (CBT). Misalnya  peusahaan  IntallShield membuat  perangkat  lunak multimedia  yang khususkan  untuk  training.  Aplikasi  yang  lain misalnya  rekrutmen  karyawan,  seperti  yang  dilakukan oleh L’OREAL.

 

 

  1. 3.      Aplikasi dalam Bidang Produksi

 

Penggunaan aplikasi ini digunakan untuk merancang dan merakayasa suatu produk misalnya alat-alat elektronik dan mesin bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses produksi dan berkembang menuju ke sistem manufaktur terintegrasi berbasisi multimedia.

 

  1. 4.      Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan

 

Bidangn pelayanan keuangan meliputi pelayanan keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman dan perbankan. Contohnya adalah situs SmartMoney.com.

 

  1. Aplikasi dalam Bidang Sistem Informasi

 

Aplikasi  dalam  bidang  ini  misalnya  aplikasi  Sistem  Informasi  Akuntansi  (SIA),  aplikasi  Sistem Informasi  Manajemen  (SIM),  aplikasi  Decision  Support  System  (DSS)  dan  aplikasi  Executive Information System (EIS).

 

  1. 6.      Aplikasi Otomatisasi Kantor

 

Dua  aplikasi  yang  digunakan  untuk  area  otomatisasi  kantor  yaitu  workgroup  computing  yang memungkinkan  beberapa  orang  untuk memakai  komputer  yang  sama  pada  saat  bersamaan  pula. Peserta diskusi melihat  tampilan bersama yang meliputi  rangkaian media  lengkap,  termasuk  fotigrafi dan  video  bergerak. Aplikasi  yang  kedua  adalah Desktop Video Conferencing  yang memungkinkan peserta  melakukan  konferensi  video  sambil  duduk  di  meja  masing-masing  dengan  menggunakan layar CP atau televisi yang tehubung.

 

  1. 7.      Aplikasi dalam Bidang Pemasaran

Penerapan  multimedia  dalam  bidang  ini  tertuju  kepada  aktivitas  pemasaran,  khususnya  aktivitas promosi  yang meliputi  periklanan,  promosi  penjualan,  penjualan  perseorangan,  public  realtion  dan penjualan langsung termasuk penjualan melalui jaringan internet. Contoh dari aplikasi ini adalah:
• Periklanan televisi
•  Interactive  Multimedia  Merchandising  (cara  perusahaan  untuk  menjangkau  dan  melayani pelanggan)
•  Merchandising Kiosk
•  Video Kiosk
•  Virtual Shopping
•  Comparison Shopping
•  Mass Market Application

 

  1. 8.      Aplikasi Multimedia di Bidang Travel

 

Apliaksi berbasis Web digunakan sebagai penerapan layanan perjalanan yang di dalamnya termasuk informasi biaya perjalanan, travel news, fitur paket  liburan, dan pemesanan online untuk lodging dan transportasi melalui darat, laut dan udara.

 

  1. 9.      Aplikasi Multimedia dalam Bidang Real Estate

 

Multimedia komputer memungkinkan pembeli mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya, melihat foto rumah on-screen, memeriksa perencanaan lantai, melihat peta jalan, dan mempelajari demografi sekeliling rumah.

 

  1. 10.  Aplikasi Multimedia dalam Bidang Kesehatan

 

Dalam  bidang  kesehatan, multimedia  dapat mendukung  pelayanan  dan  fasilitas  sistem  kesehatan, ilmu  kesehatan,  kantor  pendidikan  medis,  perpustakaan  ilmu  kesehatan  dan  fotografi  medis  serta pelayanan produksi median.

 

  1. 11.  Aplikasi Multimedia dalam Bidang Hiburan

 

Dalam bidang hiburan multimedia digunakan dalam film, musik, radio interaktif, televisi interaktif, game elektronik.

 

  1. 12.  Aplikasi Multimedia dalam Bidang Publishing

 

Banyak  informasi  yang  dapat  dipublikasikan  secara  elektronik  melalui  dokumentasi  elektronik misalnya penyajian buku yang setiap materinya dapat terdiri dari grafik, animasi, audio dan video.

 

  1. 13.  Aplikasi Multimedia dalam Bidang Pendidikan

 

Aplikasi multimedia pendidikan antara lain sebagai perangkat lunak pengajaran, memberikan fasilitas untuk mahasiswa atau siswa untuk belajar mengambil keuntungan dari multimedia, belajar jarak jauh dan pemasaran pendidikan.

 

  1. 14.  Aplikasi Multimedia dalam Pemerintahan

 

Aplikasi multimedia yang paling menonjol dalam bidang kepemerintahan adalah E-Government, Profil Departemen dan Kios Informasi tentang Kota.

  1. 15.  Presentasi bisnis

Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien.

  1. 16.  Pelatihan berbasis komputer (CBD/Computer Based Training)

Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang        menuntut penyajian visual. Contoh, CBT digunakan untuk menunjukkan cara             membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membesihkan busi yang dapat divisualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi      dites juga diperdengarkan.

  1. 17.  Kios interaktif

Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum        (misalnya mall atau universitas). Pemakai dapat berinteraksi dengan layar sentuh            untuk mempermudah dalam mencari informasi.

  1. 18.  Telekonferensi

Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil        yang dihubungkan kemasing-masing komputer pemakai.

 

Daftar Pustaka :

http://cyberndut17.wordpress.com/2012/11/29/makalah-multimedia/

http://www.satriamultimedia.com/artikel_penerapan_multimedia.html

http://nurfitriani111.blogspot.com/2012/10/tugas-5-aplikasi-multimedia.html

http://elimpoltek.blogspot.com/2010/12/multimedia.html

http://desiermaita.blog.fkipuir.cjb.net/2012/11/apa-saja-aplikasi-dalam-multimedia.html

http://luckyacd.blogspot.com/2010/12/multimedia.html

http://teguh-prasetio.blogspot.com/2011/02/pengertian-dan-aplikasi-multimedia.html

http://www.slideshare.net/6306068/sesi-1-aplikasi-multimedia-pada-berbagai-bidang

http://upiakminang.blogspot.com/2012/12/multimedia.html

http://julianasafitri23.blogspot.com/2012/10/multimedia.html

http://qamariyah01.blogspot.com/2012/04/makalah-multimedia.html

http://amrimm1.blogspot.com/2012/09/pengertian-dan-aplikasi-multimedia-a.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s