MULTIMEDIA DALAM PENDIDIKAN

 

Banyak sekali manfaat yang diberikan oleh Multimedia dalam berbagai bidang. Dengan manfaat yang diberikan multimedia manusia semakin sering berinteraksi dengan peralatan yang bisa disebut hardware dan aplikasi secara software. Kontribusi ini memberikan efek positif kepada konsumen yang menerima dan membutuhkannya. Dengan perkembangan multimedia pola pikir manusia menangkap suatu objek kian berubah. Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai pemanfaatan Multimedia dalam pendidikan.

Ada 3 tipe pemanfaatan multimedia pembelajaran.

Pertama, multimedia digunakan sebagai salah satu unsur pembelajaran di kelas. Misal jika guru menjelaskan suatu materi melalui pengajaran di kelas atau berdasarkan suatu buku acuan, maka multimedia digunakan sebagai media pelengkap untuk menjelaskan materi yang diajarkan di depan kelas. Latihan dan tes pada tipe pertama ini tidak diberikan dalam paket multimedia melainkan dalam bentuk print yang diberikan oleh guru.

Kedua, multimedia digunakan sebagai materi pembelajaran mandiri. Pada tipe kedua ini multimedia mungkin saja dapat mendukung pembelajaran di kelas mungkin juga tidak. Berbeda dengan tipe pertama,pada tipe kedua seluruh kebutuhan instruksional dari pengguna dipenuhi seluruhnya di dalam paket multimedia. Artinya seluruh fasilitas bagi pembelajaran, termasuk latihan, feedback dan tes yang mendukung tujuan pembelajaran disediakan di dalam paket.

Ketiga, multimedia digunakan sebagai media satu-satunya di dalam pembelajaran. Dengan demikian seluruh fasilitas pembelajaran yang mendukung tujuan pembelajaran juga telah disediakan di dalam paket ini.

Terdapat beberapa persepsi guru dan siswa di dalam pemanfaatan multimedia
dalam pengajaran sains yang dikemukakan oleh Barton (2004) sperti yang ditunjukan berikut:

Manfaat dari visualisasi :

  • Membuat yang terlihat menjadi terlihat
  • Menghadirkan reaksi yang tak nampak di dalam lab
  • Animasi menambah pemahaman
  • Gambar menambah pemahaman suatu konsep abstrak
  • Memungkinkan visualisasi yang terlalu kecil, terlalu cepat, terlalu lamban atau
  • terlalu berbahaya

Perbedaan yang muncul bila dibandingkan pemanfaatan media yang lain :

  • Memberikan pengayaan bagi siswa yang mahir
  • Memberikan support dan motivasi bagi siswa yang belum mahir
  • Memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuannya
  • Mudah bagi siswa untuk mengulang-ulang suatu proses
  • Memungkinkan interaksi yang lebih luas antara guru-siswa

Motivasi yang muncul :

  • Menimbulkan antusiasme, ketertarikan, dan keterlibatan
  • Mendorong siswa untuk mendapatkan jawaban atas ketertarikan mereka
  • Siswa merasakan suasana menyenangkan (fun)
  • Mendorong siswa untuk tetap fokus pada materi
  • Suatu tool pembelajaran untuk menghadirkan ide-ide yang sukar.

 

Kelebihan penggunaan multimedia dalam pendidikan yaitu:

  1. Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif .

Pengajar akan selalu dituntut untuk kreatif inovatif dalam mencari terobosan          pembelajaran

  1. Mampu mengabungkan antara text, gambar, audio ,musik, animasi gambar atau vidio dalam satu kesatuan yang saling mendukung guna tercapainya tujuan pembelajaran.
  2. Mampu menimbulkan rasa senang selama proses proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini akan menambah motivasi siswa selama proses proses belajar mengajar hingga didapatkan tujuan pembelajaran yang maksimal.
  3. Mampu memvisualisasikan materi yang selama ini sulit untuk diterangkan hanya sekedar dengan penjelasan atau alat peraga yang konvensional.
  4. Media penyimpanan yang relatif gampang dan fleksibel.

Kemampuan multimedia memberikan pengajaran secara persendirian (melalui sis:tem         tutor peribadi) bukan bererti tidak ada pengajaran secara langsung daripada guru    (orang dewasa). Pengajaran langsung daripada guru tetap dikekalkan tetapi paket      multimedia boleh menyenangkan pengajaran terutamanya guru tidak perlu mengulang       penerangan jika pelajar tidak faham.
Menurut Sutopo (2003 : 23), komputer multimedia mulai mendapat perhatian pada saat digunakan untuk pelatihan atau pendidikan dari satu keadaan ke keadaan lain dengan siswa.
Beberapa contoh penerapan teknologi multimedia adalah :
• Internet

Multimedia di internet siaran langsung dari ribuan stasiun radio, melihat animasi bagaimana cara kerja sesuatu dan melihat video.
• Presentasi

Multimedia memungkinkan seorang presenter beralih dari overhead projector yang menampilkan gambar dan teks yang kaku kepada gambar bergerak, suara dan animasi untuk menghidupkan presentasi yang dibawakan.
• Kios
Kios yang interaktif dengan layar sentuh dapat menyediakan berbagai informasi dengan lengkap ditempat-tempat umum, misalnya informasi mengenai produk, informasi yang disajikan jauh lebih menarik bagi pengguna dibandingkan informasi yang tercetak.

 
• Tutorial
Multimedia dengan cepat telah menjadi dasar pelatihan berbasiskan komputer, sebagai contoh perusahan menyediakan tutorial yang interaktif bagi karyawan baru untuk mempelajari prosedur-prosedur di perusahaan.
• Online Reference

CD-ROM berbasiskan multimedia mulai menggantikan ensiklopedia baku, petunjuk penggunaan dan brosur tentang informasi produk. Versi elektronik dari bahan referensi lebih mudah digunakan dan lebih ringan bila dibawa.
• Publikasi

Berbagai buku, majalah dan koran telah didistribusikan sebagai suatu publikasi multimedia dengan memanfaatkan CD-ROM dan internet. Halaman yang tercetak tidak akan pernah mampu manampilkan visualisasi gerakan dan suara.

 

Adapun menurut Samodra (2009)  yang menjelaskan ada beberapa keunggulan dari sebuah multimedia dalam pembelajaran yakni :

 

a.       Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman,        bakteri, elektron.

b.      Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah,         seperti gajah, rumah, gunung.

c.       Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau      lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet      Mars, berkembangnya bunga.

d.      Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju

e.       Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi,          harimau, racun.

f.        Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
Banyak hal positif yang kita dapat dari perkembangan multimedia, postingan yang saya buat pun merupakan salah satu bentuk pemanfaatan multimedia. Semoga manfaat ini juga dapat dirasa oleh anda yang membaca..

Daftar Pustaka

  1. http://atiyah-apaaja.blogspot.com/2013/01/pemanfaatan-multi-media-untuk.html
  2. http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/04/pemanfaatan-multimedia-dalam-pembelajaran/
  3. http://tututputranti.blogspot.com/2013/01/ulasan-artikel-tentang-pemanfaatan.html
  4. http://pasca.tp.ac.id/site/pemanfaatan-multi-media-untuk-meningkatkan-kualitas-pendidikan
  5. http://egakurniawan12.wordpress.com/2012/10/09/manfaat-multi-media-untuk-meningkatkan-kualitas-pendidikan/
  6. http://blog.umy.ac.id/nurul/2012/11/15/pemanfaatan-multi-media-untuk-meningkatkan-kualitas-pendidikan/
  7. http://apeace.web.id/pemanfaatan-multimedia-untuk-peningkatan-mutu-pendidikan/
  8. http://multimediaang9.blogspot.com/2012/12/fungsi-multimedia-dalam-pendidikan.html
  9. http://blog.binadarma.ac.id/deniboey/archives/1090
  10. http://aufarkasyfitatsuya.blogspot.com/2012/12/multimedia-pendidikan.html
  11. http://upiakminang.blogspot.com/2012/12/multimedia.html

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s