INTERNET BASED

 

Penjelasan mengenai “Internet Based” saya awali dengan sejarah internet terlebih dahulu. .

 

  1. A.    SEJARAH

 

Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam proyek ARPA – ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) melakukan demontrasi bagaimana bisa melakukan komunikasi tanpa batasan jarak (jarak tak terhingga) melalui saluran telepon menggunakan hardware dan software komputer berbasis Sistem Operasi UNIX. Pada proyerk ARPANET tersebut setelah dirancang bentuk jaringan dengan standarisasi kehandalan dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan untuk saling berbagi maka terbentuklah sebuah protokol baru yang dikenal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

 

Tujuan semula dari proyek ARPANET sebenarnya hanya terbatas pada keperluan militer saja, pada waktu itu sistem jaringan komputer yang dibuat untuk menghubungkan komputer pada daerah/wilayah vital.

 

ARPANET pada tahun 1969 awalnya hanya menghubungkan 4 situs saja diantaranya yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah menjadi jaringan secara terpadu. Lalu pada bulan Oktober 1972 ARPANET diperkenalkan secara umum dan tidak lama kemudian berkembang sangat pesat di seluruh wilayah sampai ARPANET kesulitan dalam mengaturnya. Maka ARPANET di pecah menjadi dua bagian yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan ARPANET yang lebih kecil dalam keperluan non-militer. Seiring waktu gabungan antara kedua jaringan tersebut dikenal masyarakat luas dengan nama DARPA Internet dan kemudian disederhanakan lagi menjadi Internet yang seperti sekarang ini kita kenal. Istilah internet pertama kali digunakan pada tahun 1982 dengan perkembangan name server yang memungkinkan para pengguna dapat terhubung kepada suatu host tertentu.

 

Di Negeri tercinta kita, jaringan internet mulai di kembangkan pada tahun 1983 di Universitas Indonesia berupa UINet oleh Dr. Joseph F.P. Luhukay. Pada tahun yang sama, Luhukay juga mulai mengembangkan University Network (Uninet) di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Uninet merupakan jaringan komputer dengan jangkuan lebih luas meliputi Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Hasanudin, dan Ditjen Dikti. Pada tahun Rahmat M. Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, Onno W. Purbo merupakan nama-nama yang berjasa di awal pengembangan internet di Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994.

 

Di internet, ada dua tipe komputer, yaitu komputer server (server computer) dan komputer client (client computer). Informasi dan layanan yang ada di internet disediakan oleh komputer server, sedangkan komputer client hanya dapat mengakses informasi atau layanan di komputer server tersebut. Komputer server di internet menyediakan beragam informasi seperti ensiklopedia, pengetahuan, pendidikan, berita, dan hiburan. informasi-informasi tersebut dapat disajikan dalam bentuk teks dan multimedia (gambar, suara, animasi, video). sebagai pengguna komputer client, kamu dapat mengakses informasi-informasi tersebut denagn mengakses alamat server yang menyediakan dengan menggunakan perangkat lunak tertentu.

 

  1. B.     PENGERTIAN

 

Pengertian internet memiliki arti pemahaman yang cukup luas dimana kata internet itu sendiri merupakan singkatan kata dari interconnection-networking, bila dijabarkan secara sistem global maka internet merupakan jaringan komputer diseluruh penjuru dunia yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) sehingga antara komputer dapat saling mengakses informasi dan bertukar data. Internet mencangkup segala sesuatu secara luas baik itu dalam bidang komputerisasi maupun telekomunikasi.

 

 

 

  1. C.    MANFAAT

 

Secara sederhana fungsi dari internet yaitu sebagai media komunikasi, akses informasi, berbagi sumber daya atau data, dalam hal ini berarti dengan internet bisa menyiarkan dan mengakses secara langsung baik berita informasi dan bertukar data dengan akses internet online ke seluruh penjuru dunia tanpa ada batasan wilayah geografis dari setiap penggunanya. Internet bisa diibaratkan seperti komputer yang saling berbicara satu sama lain dan juga bisa bertukar data secara langsung setelah komputer terhubung pada jaringan internet menggunakan TCP/IP.

 

Dengan adanya internet banyak sekali manfaat yang diperoleh. Manfaat yang ditimbulkan dari keberadaan internet ini meliputi berbagai bidang, diantaranya :

 

  1. 1.      Bidang Pendidikan

Internet memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak referensi keilmuan dari perpustakaan maya (library online) yang ada di internet dan sebagai media pembelajaran secara online di kenal dengan istilah e-learning

 

  1. 2.      Bidang Ekonomi dan Bisnis

Internet hadir dengan istilah e-commerce yaitu kegiatan perdagangan, jual beli, promosi dan sebagainya dapat dilakukan melalui internet.

 

  1. 3.      Bidang Pemerintahan

Internet hadir dengan e-government untuk memudahkan pemerintah untuk memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat secara maksimal.

 

  1. 4.      Sarana Bersosialisasi dan Mencari Sahabat

Pengguna internet dapat menjalin komunikasi dengan rekan-rekannya di segala penjuru dunia dalam waktu singkat dan biaya murah melalui fasilitas email, chatting, video call dimana sudah banyak aplikasi media sosial yang memberikan fasilitas tersebut, contohnya Facebook, Twitter, skype dll

 

  1. 5.      Sarana Hiburan

Internet menyediakan banyak fasilitas pilihan seperti permainan, game, musik,       video, dunia entertainment dan sebagainya

 

Selain dampak positif yang diberikan oleh internet terdapat dampak negatif disisi lain yakni :

 

1. Ancaman virus

2. Pornografi

3. Kekejaman dan kesadisan

4. Penipuan

5. Carding

6. Perjudian

7. Pembajakan karya intelektual

 

Adapun istilah-istilah dalam internet yang perlu kita pahami, diantaranya :

  • HTML

HTML adalah singkatan dari HyperText Mark-up Language. HTML merupakan kode yang digunakan untuk membuat halaman web.Setiap halaman web terdiri atas file HTML,file HTML berextensi (.htm)

  • Protokol

Protokol adalah sebuah aturan yang mengatur atau mengijinkan terjadinya komunikasi antar 2 atau lebih titik komputer.

  • HTTP

HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah Protokol yang digunakan untuk memprtukarkan informasi di internet.

  • Bandwidth

Bandwidth adakah ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam jangka waktu tertentu.
Satuan bandwidth adalah Mbps (megabit per second) atau kbps (kilobit per second)

  • URL

URL(Uniform Resource Locator) adalah sistem pemberian nama alamat website.

  • ISP

ISP(Internet Service Provider) adalah penyedia jasa layanan koneksi internet.

  • Download

Adalah proses pengambilan file dari komputer server di internet ke komputer yang kita pakai.

  • Upload

Adalah proses penempatan file dari komputer kita ke komputer server di internet.

  • Freeware

Software/Program yang bisa di download secara cuma-cuma alias gratis

  • Shareware

Software/Program yang bisa didownload dan dipakai dalam jangka waktu tertentu,Jika waktu yang ditentukan sudah habis kita harus membeli software/program tersebut.

 

 

Daftar Pustaka

 
http://dnight-walker.blogspot.com/2012/10/istilah-istilah-dasar-internet.html

http://dewisintabela.blogspot.com/2013/02/pengetahuan-dasar-intranet-internet.html

http://smp1kajen.wordpress.com/2008/05/23/dasar-dasar-internet/

http://shaugishahab.wordpress.com/2011/11/24/web-based-application-bag-1/

http://miarizq.blogspot.com/2012/08/pengertian-teknologi-informasi.html

http://bloggerhape.heck.in/internet-based-teaching-and-learning.xhtml

http://motivatormudaws.blogspot.com/2012/10/pengertian-dasar-internet-dan-intranet.html

http://sittimaymona.blogspot.com/2013/02/pengetahuan-dasar-internet.html

http://tekfokom.wordpress.com/mater/dasar-dasarinternet/

http://budianggoro.wordpress.com/kelas-9-2/dasar-internetintranet/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s