UPAYA MENINGKATKAN JIWA NASIONALISME

Asalamualaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai upaya meningkatkan jiwa nasionalisme, namun sebelum masuk ke pokok bahasan tersebut ada baiknya kita mengetahui dahulu dasar dari nasionalisme tersebut.

Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris “nation”) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia.

Para nasionalis menganggap negara adalah berdasarkan beberapa “kebenaran politik” (political legitimacy). Bersumber dari teori romantisme yaitu “identitas budaya”, debat liberalisme yang menganggap kebenaran politik adalah bersumber dari kehendak rakyat, atau gabungan kedua teori itu.

Ikatan nasionalisme tumbuh di tengah masyarakat saat pola pikirnya mulai merosot. Ikatan ini terjadi saat manusia mulai hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu dan tak beranjak dari situ. Saat itu, naluri mempertahankan diri sangat berperan dan mendorong mereka untuk mempertahankan negerinya, tempatnya hidup dan menggantungkan diri. Dari sinilah cikal bakal tubuhnya ikatan ini, yang notabene lemah dan bermutu rendah. Ikatan inipun tampak pula dalam dunia hewan saat ada ancaman pihak asing yang hendak menyerang atau menaklukkan suatu negeri. Namun, bila suasanya aman dari serangan musuh dan musuh itu terusir dari negeri itu, sirnalah kekuatan ini.

Maka dari itu kita dapat menyimpulkan bahwa jiwa nasionalisme itu akan bangkit bilamana semua golongan yang ada terakomodasi dan terlindungi secara baik, ada penegakan hukum yang terlaksana secara menyeluruh dan diterapkan secara adil dan tidak membeda-bedakan, serta tingkat kesejahteraan meningkat dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. Selain itu kita yang khususnya sebagai mahasiswa perlu ikut mengetahui sampai mana perkembangan negeri kita ini dalam menjaga kedaulatannya dan memberikan contoh yang baik kepada para pemuda yang lainya agar  memupuk jiwa nasionalismenya sejak dini, karena kitalah calon para pemimpin kelak di negeri yang kita cinta ini. Sebagai generasi pemuda kita hanya perlu berjuang dengan ilmu, keterampilan dan kemampuan untuk membangun bangsa ini sebagaimana yang telah di wariskan oleh pejuang-pejuang dahulu kita.

Kutipan penulis:

Semoga kelak yang menjadi pemimpin akan lebih amanah menjalankan tugas-tugasnya agar memotivasi para penduduk negeri untuk menjadi para pemimpin di kemudian hari.

Wasalamualaikum Wr. Wb.

Daftar Pustaka

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090902011941AAFh5mi

www.wikipedia.com

http://www.harianbhirawa.co.id/utama/19425-jiwa-nasionalisme-dan-patrialisme-harus-ditingkatkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s