Mencintai Keragaman Adat, Budaya, dan Agama Demi Terwujudnya Persatuan dan Kesatuan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kita tahu negara kita adalah negara yang terbentang dari sabang hingga merauke, yang terdiri dari beribu pulau, beribu flora dan fauna,  beraneka ragam suku, adat dan budaya  yang menjadi satu bagian kathulistiwa menjadi negara Republik Indonesia. Setiap suku di negara indonesia memiliki kebudayaan yang beragam, dimana setiap suku mempunyai adat istiadat yang berbeda-beda. Kebhinekaan suku bangsa Indonesia merupakan modal dalam membangun negara. Kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Adat istiadat yang kaya dan beragam sangat membuat takjub bangsa-bangsa di dunia. Adat-istiadat sangat erat hubungannya dengan suatu agama dan kepercayaan yang dianut. Masyarakat Indonesia selain memeluk agama, sebagian mengenal adanya kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Adat-istiadat yang masih terpelihara dengan baik sampai sekarang terlihat dalam upacara perkawinan, mengandung, melahirkan, dan kematian. Seluruh keberagaman elok budaya kita adalah titipan dari nenek moyang kita yang perlu di jaga, dengan mencintai keragaman Adat, Budaya dan Agama berarti kita telah menjaga titipan dan warisan dari leluhur kita. Dengan adanya rasa cinta akan keragaman ini, maka akan lahir rasa persatuan dan kesatuan yang erat dalam diri masyarakat di seluruh Indonesia.

Kutipan penulis :

Semoga rasa persatuan di negeri ini takan pernah pudar meski ancaman datang silih berganti karena negara ini adalah salah satunya warisan dari leluhur kita yang mesti kita jaga dan wariskan ke anak cucu kita. Wasalamualaikum Wr. Wb.

Daftar pustaka

http://www.crayonpedia.org/mw/Rekreasi_3.2. Diunduh pada April 2011.

http://inuboa.wordpress.com/2011/04/14/mencintai-keragaman-adat-budaya-dan-agama-demi-terwujudnya-persatuan-dan-kesatuan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s