PENDUDUK YANG MAKIN BERTAMBAH SERTA DAMPAKNYA

Penduduk adalah suatu kelompok masyarakat yang tinggal di suatu daerah. Penduduk merupakan suatu aspek yang sangat penting bagi suatu wilayah karena penduduklah yang membuat suatu wilayah itu berkembang ataupun sebaliknya.

A. PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN LINGKUNGAN PEMUKIMAN

  Jika kita melihat dari segi lingkungan masalah pemukiman adalah masalah penduduk ketika manusia berjumlah terbatas dan hidup serba sahaja, maka cara hidup dan bermukim manusia diserasikan dengan lingkungan alam.

Peledakan penduduk menyebabkan pula membesarnya lagi urbanisasi, sehingga tak ada satu kota pun yang mampu menampung arus para penghuni baru yang datang dari daerah pedesaan. Karena kota tidak sanggup  menampung para penduduk yang datang akibatnya pengangguran di kota makin berserakan dimana-mana karena mereka tidak memiliki skill dan hanya mengandalkan tekadnya saja ,persediaan air bersih yang sehat tidak dapat memenuhi kebutuhan dan akibatnya wabah penyakit menyerang masyarakat, ditambah lagi para penduduk yang datang banyak yang tinggal di pinggiran kali yang rentan akan terjangkitnya penyakit dan bahaya banjir.

Pertumbuhan penduduk di kota-kota Indonesia memang tidak merata. Walau bagaimanapun, kota-kota besar dengan tingkat fasilitas dan pelayanan yang lengkap merupakan daya tarik aliran penduduk dari desa ke kota, sehingga ditambah dengan perkembangan penduduk kota itu sendiri mencapai persentase kenaikan yang relative tinggi. Jakarta dan Surabaya 4,4% per tahun(di pulau jawa) dan Teluk Betung 4,1% per tahun, dan Pontianak 3,8% per tahun(diluar pulau jawa).

            Tak dapat kita bayangkan bila kegiatan urbanisasi terus dilakukan,penduduk di kota akan terus melonjak. Ini adalah suatu akibat dari pemerintah daerah yang kurang memperhatikan kesejahteraan penduduknya, padahal jika suatu daerah memiliki pendapatan yang cukup besar kita yakin tidak ada lagi kegiatan urbanisasi.

            Imbasnya dari kegiatan urbanisasi yang terus melonjak akan mengakibatkan rawan tindakan kejahatan,meraka yang kehilangan akal sehatnya karena himpitan kebutuhan tidak segan-segan untuk melakukan tindak kejahatan. Mungkin taman-taman kota , kolong jembatan, bantaran sungai, rel dan stasiun kereta  akan menjadi tempat pemukiman.

B. PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN PENYAKIT YANG BERKAITAN DENGAN LINGKUNGAN HIDUP

            Seiring dengan bertambahnya penduduk yang menyebabkan rusaknya lingkungan akan mengakibatkan berbagi macam penyakit yang korbannya bukan hanya mereka yang miskin namun mereka yang kaya pun bisa jadi korban. Makin banyak penduduk yang terpusat di kota-kota menyebabkan makin meningkatnya polusi melebihi kemampuan usaha manusia maupun alam sekitarnya dalam membersihkan air dan udara.

            Sumber mata air bersih di kota pun makin menipis karena permintaan yang terlalu banyak dan sumber air bersih pun makin berkurang akibat dari tercemarnya air oleh limbah-limbah masyarakat. Hal ini akan menyebabkan timbulnya penyakit seperti hispa,cholera, typhus,hepatitis dll. Untuk itu perlu adanya ketegasan dan kebijakan-kebijakan dari pemerintah untuk menangani masalah ini. Pemerintah sebaiknya lebih mementingkan kesejahteraan rakyaatnya di bandingkan mengurusi urusan-urusan pejabat Negara karena tidak akan ada suatu pemerintahan tanpa adanya penduduk (rakyat).

Daftar Pustaka

Santoso, B, 1999.”Ilmu Lingkungan Industri”, Gunadarma university, Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s