APA ITU ISO DAN ISO 14000 ?????????

Untuk mengenal lebih jauh tentang ISO dalam artikel ini saya buat selengkap lengkapnya agar pembaca dapat memahami apa itu ISO 14000 dan pentingnya menggunakan ISO demi memelihara kenyamanan dan keteraturan supaya tercipta lingkungan yang indah seiring perkembangan zaman………

ISO (International Standarisation Organisation) adalah organisasi non-pemerintah dan bukan merupakan bagian dari PBB atau WTO (World Trade Organization) walaupun Standar-standar yang dihasilkan merupakan rujukan bagi kedua organisasi tersebut. Anggota ISO, terdiri dari 110 negara, tidak terdiri dari delegasi pemerintah tetapi tersusun dari institusi standarisasi nasional sebanyak satu wakil organisasi untuk setiap negara.

Keberadaan Standar ISO digerakkan oleh pasar sebagai pemakai utama standar. Suatu Standar (misalnya, ISO 14001) dibuat berdasarkan konsensus internasional oleh ahli-ahli dari industri, teknik atau bisnis. Walaupun Standar ISO bersifat sukarela, pada kenyataannya standar dibuat berdasarkan permintaan pasar, dan didasarkan konsensus di antara pihak-pihak terkait ini membuktikan pemakaian yang luas di seluruh dunia.

 

ISO 14000 Series Standar Manajemen Lingkungan Internasional menerima perhatian yang signifikan dari manajer bisnis dan penasehat hukum dan ekonomi, dan dikatakan bahwa standar dapat menjadi “DAS dalam sejarah peraturan lingkungan.. Manajer bisnis view ISO 14000 sebagai pendekatan pasar-didorong untuk perlindungan lingkungan yang memberikan alternatif untuk “komando dan kontrol” peraturan oleh pemerintah.. Oleh karena itu, standar yang menarik signifikan terhadap organisasi bisnis dan perwakilan hukum mereka, kelompok lingkungan dan anggota; dan pemerintah, badan-badan mereka, dan pejabat mereka.

Standar ISO 14000 diterbitkan pada bulan September 1996 oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO), pribadi, organisasi utama yang terlibat dalam standarisasi praktek manajemen industri. Meskipun standar ISO 14000 adalah produk dari sebuah organisasi non pemerintah dan sesuai dengan standar adalah sukarela, salah satu tujuan utama dari standar adalah untuk memastikan bahwa bisnis mematuhi hukum lingkungan yang berlaku. Pengusahaan melihat penerapan ISO 14000 sebagai sarana untuk diri sendiri -mengatur, sehingga mengurangi eksposur mereka terhadap pengawasan dan sanksi oleh US Environmental Protection Agency (EPA) serta tingkat negara mitra.. Bagian III menggambarkan ketentuan ISO 14000, dan Bagian IV menggambarkan perspektif dari berbagai pihak tentang utilitas ISO 14000. Akhirnya, Bagian V survei keseluruhan kekuatan dan keterbatasan ISO 14000.

ALASAN UNTUK PENGEMBANGAN
ISO 14000

Konvergensi Beberapa faktor yang berhubungan dengan pasar global berkembang menyebabkan perkembangan ISO 14000 Seri Manajemen Lingkungan Standar Internasional. Sebagai industrialisasi telah menyebar ke negara-negara di seluruh dunia, warga negara dan pemerintah mereka telah menyuarakan keprihatinan mereka tentang efek dari industrialisasi terhadap lingkungan. Sebagai akibat dari kekhawatiran tersebut, konsep pembangunan berkelanjutan dikembangkan. sebagai tujuan oleh pemerintah dan kelompok-kelompok bisnis di seluruh dunia.

” Pembangunan berkelanjutan adalah diartikulasikan sebagai tujuan dan ditetapkan pada tahun 1987 oleh Komisi Dunia tentang Lingkungan dan Pembangunan (World Commission), sebuah badan yang dibentuk oleh PBB. Dalam Common kami Future Komisi Dunia pembangunan berkelanjutan didefinisikan sebagai pembangunan yang ‘memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. “

Selama lebih dari satu dekade, pembangunan berkelanjutan telah menjadi pusat pembahasan isu-isu lingkungan, terutama berkenaan dengan pengaruh peningkatan perdagangan terhadap lingkungan. Pembangunan berkelanjutan adalah fokus pembahasan pada Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan yang diadakan di Rio de Janeiro pada tahun 1992, dan itu terdaftar sebagai salah satu dari sepuluh gol dalam Perjanjian Side Lingkungan dengan North American Free Trade Agreement (NAFTA), yang mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 1994. Dan pada tahun 1996, ISO dimasukkan pencapaian pembangunan berkelanjutan sebagai tujuan utama dalam baru ISO 14000 Seri Manajemen Lingkungan Standar Internasional.

SeLain dorongan untuk ISO 14000 adalah keinginan bisnis untuk diri mengatur dan mengurangi eksposur mereka terhadap peraturan pemerintah. Sebagai contoh, di Amerika Serikat, peraturan lingkungan hidup mengisi lebih dari 20.000 halaman Register Federal, dan ada ribuan peraturan lingkungan tambahan di tingkat lokal dan negara.

Sebuah dorongan ketiga untuk Seri Standar ISO 14000 berasal dari Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan (UNCED), yang diselenggarakan di Rio de Janeiro pada tahun 1992 dan dihadiri oleh perwakilan lebih dari 100 negara. ” Menanggapi dokumen yang diterbitkan oleh UNCED, masyarakat bisnis internasional mengadopsi “Piagam Bisnis untuk Pembangunan Berkelanjutan. Dokumen tersebut meliputi 16 proposal yang ditetapkan untuk setiap elemen dasar sistem manajemen lingkungan (EMS).

Sumber keempat inspirasi bagi pengembangan standar berasal dari program pengelolaan lingkungan yang diusulkan oleh kelompok warga yang peduli di seluruh dunia. Misalnya, sebagai tanggapan terhadap tumpahan minyak besar di lepas pantai Alaska dengan kapal yang disebut Exxon Valdez, sekelompok lingkungan, investor, instansi pemerintah, dan ekonom membentuk Koalisi untuk Responsible Ekonomi Lingkungan (CERES). Kelompok CERES mengeluarkan serangkaian prinsip yang pertama kali dikenal sebagai Prinsip Valdez dan kemudian berganti nama menjadi Prinsip CERES. Prinsip-prinsip CERES memberikan pedoman yang dirancang untuk mengarah pada standar internasional untuk EMS. CERES has been recognized as a direct impetus for the ISO 14000 series and similar programs. CERES telah diakui sebagai dorongan langsung seri ISO 14000 dan program-program serupa.

Sebuah dorongan kelima untuk seri ISO 14000 adalah kebutuhan untuk harmonisasi antara berbagai pengelolaan lingkungan dan program audit. Sebagai contoh, EPA telah merancang beberapa program manajemen yang berbeda lingkungan, termasuk Program XL, Star Track Program, dan Environmental Leadership Program (ELP). ELP is a voluntary program in which a participating business creates its own EMS according to EPA guidelines. ELP adalah program sukarela di mana sebuah bisnis yang berpartisipasi menciptakan perusahaan EMS sendiri sesuai dengan pedoman EPA. Insentif bagi partisipasi adalah bahwa EPA mungkin memperlakukan perusahaan leniently dalam kasus ketidakpatuhan, dan, pada kondisi tertentu, EPA menahan diri dari melakukan pemeriksaan penegakan rutin di fasilitas perusahaan. Various state-level counterparts to the EPA have developed similar programs. Berbagai tingkat negara mitra untuk EPA telah mengembangkan program-program serupa.

Semua anggota CMA wajib ikut serta dalam program, yang menetapkan standar kesesuaian dalam bidang pencegahan polusi, tanggap darurat, dan kesehatan karyawan dan perlindungan keselamatan dan kesadaran.

Sebagai contoh, pada tahun 1995 British Standards Institute (BSI) menjadi standar nasional pengaturan organisasi untuk Britania Raya. Pada tahun yang sama itu menjadi organisasi nasional pertama untuk melaksanakan program mengakui EMSs diverifikasi secara independen. Pada tahun 1995 Uni Eropa (UE) menerapkan Eco-Manajemen dan Audit Peraturan (Emar) program. Emar termasuk Eco-Manajemen dan Audit Scheme (EMAS), yang berlaku sejak tahun 1995. Ini adalah program sukarela di mana perusahaan dapat mendaftarkan situs sebagai sesuai dengan sistem. Tujuan dari program ini adalah untuk mempromosikan kepatuhan terhadap standar pengelolaan lingkungan dan untuk menginformasikan publik tentang kinerja lingkungan perusahaan.

Bisnis sedang mencari cara untuk harmonisasi standar EPA, standar negara, standar industri swasta (seperti program CARE), dan persyaratan dari negara-negara lain dan organisasi perdagangan. Mereka ingin menghindari terlibat pencatatan sesuai dengan berbagai sistem lingkungan dan sistem manajemen lainnya, seperti kontrol kualitas sistem. Selain itu, mereka ingin menghindari berurusan dengan konflik antara dan di antara ketentuan-ketentuan substantif dari sistem tersebut. Penghapusan beberapa set standar atau, setidaknya, harmonisasi standar tersebut menjadi sangat penting pada akhir abad ke-20 sehubungan dengan globalisasi bisnis. Hari ini, besar dan kecil menangani perusahaan dengan hukum dan peraturan dari beberapa negara dan harus sesuai dengan persyaratan dari berbagai organisasi perdagangan. Ini adalah bagian penting dari melakukan bisnis seperti kita bergerak ke abad ke-21.

APAKAH PERLU ISO 14000?

ISO 14000 KETENTUAN.

Standar awal dalam seri 14000 termasuk nomor 14000, 14001, 14004, 14010, 14011, dan 14012. Mereka dikembangkan oleh ISO Komite Teknis (TC) 207 Manajemen Lingkungan dan telah diadopsi oleh ISO pada tahun 1996.

Perusahaan harus memenuhi tiga persyaratan berikut untuk memenuhi ISO 14000:

  1. Perusahaan harus membuat sistem manajemen lingkungan (EMS).
  2. Perusahaan harus menunjukkan kepatuhan dengan undang-undang lingkungan dan peraturan negara di mana ia melakukan bisnis.
  3. Perusahaan harus menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan dalam perlindungan lingkungan dan pencegahan polusi.

ISO 14000 set up kriteria sesuai dengan yang perusahaan EMS dapat disertifikasi. EMS adalah satu set prosedur untuk menilai kepatuhan terhadap hukum lingkungan yang berlaku. Hal ini juga harus mencakup prosedur untuk menilai sendiri prosedur perusahaan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah lingkungan, dan untuk melibatkan perusahaan tenaga kerja dalam komitmen perbaikan kinerja lingkungan.

ISO 14001 menggambarkan dua jenis dokumen (pedoman dokumen dan dokumen spesifikasi), dan menetapkan standar yang digunakan untuk mengevaluasi sebuah perusahaan EMS. Sebagai contoh, EMS harus menyertakan sebuah ringkasan yang akurat tentang hukum dan standar hukum dengan yang perusahaan harus mematuhi. Berlaku hukum termasuk federal, negara bagian, dan lokal hukum. standar Berlaku hukum termasuk ketentuan perizinan dan ketentuan persetujuan penilaian administratif atau pengadilan-bersertifikat.

Untuk sertifikasi ISO 14001, EMS harus mencakup lima unsur. Pertama, ia harus menetapkan kebijakan lingkungan. Kedua, ia harus menetapkan tujuan lingkungan dan menetapkan rencana untuk mematuhi persyaratan hukum. Ketiga, harus menyediakan untuk implementasi dan pengoperasian kebijakan termasuk pelatihan personil, komunikasi, dan kontrol dokumen. Keempat, harus mengatur pemantauan dan perangkat pengukuran dan prosedur audit untuk memastikan peningkatan berkelanjutan. Akhirnya, harus menyediakan manajemen review untuk mengambil tempat di terencana, secara teratur.

EMS harus disertifikasi oleh pendaftar yang telah memenuhi syarat dalam ISO 13012, yang merupakan standar yang mendahului seri ISO 14000. Jika sebuah perusahaan memilih untuk tidak menjalani sertifikasi pihak ketiga EMS, mungkin memutuskan untuk menggunakan ISO 14001 sebagai dasar untuk diri-deklarasi. Penting untuk dicatat bahwa ISO 14001 adalah standar hanya dalam seri ISO 14000 yang mengarah ke sertifikasi. Yang lain mendukung 14001 atau memberikan bimbingan saja.

ISO 14004 standar hanya memberi nasihat, kepatuhan terhadap ketentuan-ketentuannya tidak diperlukan. Hal ini meliputi lima prinsip, yang masing-masing sesuai dengan salah satu dari lima bidang ISO 14001 yang tercantum di atas:

>Pertama         : Perusahaan harus menentukan kebijakan lingkungannya dan mengambil langkah untuk memastikan komitmennya terhadap EMS.

>Kedua           : Perusahaan harus mengembangkan rencana tertulis untuk melaksanakan kebijakan lingkungan.

>Ketiga           : Harus menyediakan mekanisme dukungan untuk menerapkan kebijakan lingkungan.

>Keempat       : Perusahaan harus memantau dan mengevaluasi kinerja lingkungannya.

>Kelima          : Perusahaan harus meninjau dan merevisi EMS berkala dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja keseluruhan lingkungannya.

ISO 14010 memberikan prinsip-prinsip umum audit lingkungan, dan ISO 14011 memberikan pedoman untuk mengaudit EMS. ” ISO 14012 memberikan pedoman untuk menetapkan kualifikasi untuk auditor lingkungan yang disebut “pendaftar.”
Daftar Pustaka :

http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://www.referenceforbusiness.com/encyclopedia/Int-Jun/ISO-14000.html&rurl=translate.google.co.id&usg=ALkJrhhLOEkI4pKMBM8mMjbaGKH8gtdzHw#ixzz19vc4C2fh

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.referenceforbusiness.com/encyclopedia/Int-Jun/ISO-14000.html

http://www.paradigm-consultant.com/2009/05/05/sejarah-dan-perkembangan-iso-14001/

 

 

About these ads

2 gagasan untuk “APA ITU ISO DAN ISO 14000 ?????????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s